Abstrak
Pembelajaran cerpen merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Materi cerpen seringkali memiliki kendala seperti banyaknya siswa yang merasa kurang tertarik membaca atau menulis cerpen. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti penggunaan wattpad sebagai media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi yang digunakan siswa untuk mencari bahan bacaan cerpen dan media menulis cerpen. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode pembelajaran berbasis teknologi dan informasi dalam pengajaran materi cerpen melalui media Wattpad. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Padamara dan objeknya adalah keterampilan membaca cerpen dengan memanfaatkan media wattpad. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialalah metode wawancara yang dilakukan pada guru Bahasa Indonesia Negeri 1 Padamara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan wattpad sebagai media dapat meningkatkan hasil belajar. Siswa menjadi lebih tertarik mengasah keterampilan dan mebaca melalaui media wattpad. Selain itu wattpad juga memberi pengalaman belajar yang menarik bagi siswa.
Unduhan
Galleys
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Studi Inovasi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.